Rabu, 17 Juni 2015

Headlines News :

Cara Ampuh Mengasah Kemampuan Visual Anak

Benarkah Mengasah Kemampuan Visual Anak itu Sulit?

Apa Sih Kreatif  itu?

     Siapa sih yang tidak mau memiliki anak kreatif? Pasti kan Ayah Bunda sangat ingin memiliki anak yang kreatif dan sehat. Kemampuan kreativitas anak ini berhubungan erat dengan istilah anak pintar secara visual spasial. Kreatif ini pun berhubungan dengan kemampuan orang berfikir, memulai ide, membentuk konsep dan kemampuan mendapatkan pertanyaan dan jawaban baru. Kreatif berhubungan erat dengan kreatifitas yaitu penemuan ilmiah, imajinasi, dan eksplorasi.

www.indonesia-sehat.com//cara ampuh mengasah kemampuan visual anak



Usia Tepat Berkembangnya Kreatifitas Anak

     Benih kreatifitas seorang anak seharusnya sudah dikembangkan sejak ia dilahirkan. Pada usia 3 tahun kreatifitasnya bertambah dan mencapai puncaknya pada usia sekitar 5 tahunan. Dan pada saat anak bersekolah, kreatifitas ini mengalami penurunan tajam. Mengapa? Karena pada saat itulah anak sudah mulai mengikuti aturan, baik yang ditekankan orang tua maupun guru-gurunya di sekolah.
     Usia 0 – 5 tahun merupakan usia yang penting dan peka (golden age). Karena itu gali potensi kreatifitas anak dengan maksimal.

www.indonesia-sehat.com.//anak kreatif


Hal-Hal yang Mempengaruhi Daya Kreatifitas Anak

    Lingkungan rumah dan sekolah seharusnya menjadi lingkungan yang merangsang kreatifitasnya. Contohnya, Ayah Bunda tidak overprotektif atau overposesif tetapi mendorong anak untuk mandiri dan percaya diri melakukan apa yang diinginkannya.
     Selain itu, penyediaan waktu yang cukup, seperti untuk bermain dan bergaul dengan sesama, dapat membuat anak tumbuh kreatif. Banyak pelajaran yang bisa dipetik anak lewat bermain. Begitupula banyak bahan atau peralatan bermain yang merangsang anak bereksperimen dan melakukan eksplorasi. Ini juga harus diimbangi dengan dorongan orangtua, pemberian semangat, serta tidak mudah mengkritik anak, agar ia pun semangat melakukan eksperimen.
    Lingkungan pun bisa mempengaruhi perkembangan kreatifitas anak. Lingkungan yang nyaman, aman, dan bebas bisa mendukung kreatifitas anak. Jika anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, maka ia akan menikmati dan tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Namun, sebaliknya jika sikap Ayah Bunda terlalu khawatir,  ini dapat membuat gerak anak menjadi terbatas. Ia akan merasa selalu diawasi, dan tuntutan Ayah Bunda supaya anak bersikap patuh, teratur, bersih dan sikap menuntut malah akan membuat kegiatan imajinasi anak terhambat.

Tips dan Trik Dalam Menstimulasi Kemampuan Visual Spasial Anak

Ada beberapa cara dalam menstimulasi kemampuan visual spasial anak, diantaranya:


  • Memperlihatkan Anak Pada sebuah Gambar
     Sambil memperlihatkan gambar, Ayah Bunda bisa memintanya untuk memperlihatkan detail-detail dari gambar tersebut. Lalu, mintalah anak menjelaskan berbagai macam detail yang ia lihat bila ada yang tertinggal ingatkan padanya detail tersebut. Lalu mintalah anak kembali mengungkapkan detail-detail lainnya yang ada di gambar tersebut.


  • Melatih Kemampuan Menganalisa Gambar
     Caranya, berikan kode-kode pada gambar tersebut. Dengan pemberian kode gambar, selain kecepatan melihat detail gambar, visual motornya akan terlatih dalam mengkoordinasi dan memfokuskan perhatian, sebab ia diajak mengasah kemampuannya dalam mendeskripsikan kode, dan menggambarkannya kembali dengan simbol yang benar dalam waktu yang telah ditentukan.

  • Membuat Ulang Gambar
     Mintalah anak memperhatikan detail gambar yang Ayah Bunda berikan, berupa potongan-potongan gambar, sekaligus alasan mengapa detail tersebut berada di sana. Rencanakan dan mintalah ia memikirkan  Berikan kesempatan anak untuk mengungkapkan apa yang ingin diungkapkannya sebebasnya terkait dengan gambar tersebut.

     Betapa bahagianya Ayah Bunda bila mendapatkan anak yang memiliki kemampuan visual spasial yang baik. Tentunya hasil yang maksimal diiringi dengan usaha yang semaksimal mungkin. Mari Ayah Bunda kita kembangkan kreatifitas anak sehingga hal ini sangat membantu sang Buah hati dalam kehidupannya di masa depan. Semoga anak Ayah Bunda dan kita semua menjadi pribadi-pribadi yang unggul di masa depan. Aaamiiiiin.

Artikel Lainnya :

1.Cara Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak
2.Cara Mengatasi Anak yang Mulai Kritis terhadap Segala Hal

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar