Senin, 22 Juni 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan - Tips Ampuh Mengatasi Sulit Tidur

Tips Ampuh Mengatasi Sulit Tidur

     Bahasan Kesehatan kali ini adalah seputar tips ampuh mengatasi kesulitan tidur. Anda kerap mengalami gangguan tidur di malam hari? Kalau sesekali mungkin biasa. Mungkin juga Anda sedang mengalami masalah. Tapi kalau sering mengalami sulit tidur, menjelang dini hari baru bisa terlelap, jangan disepelekan karena bisa berkembang menjadi insomnia

www.Indonesia-sehat.com//tips-ampuh-mengatasi-sulit-tidur

     Namun kalau pun bukan gejala insomnia, haruslah segera diwaspadai dampak terganggunya jam tidur Anda yang biasa menjadi tidak biasa. Sepanjang hari bisa lesu, merasa ngantuk tapi tak bisa tidur, sulit berkonsentrasi dan pusing yang pada akhirnya rutinitas pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu. Bahkan kesehatan Anda pun bakal terganggu.

Ada beberapa tips sederhana mengatasi Gangguan Sulit Tidur, di antaranya:

  • Begitu terasa sudah mengantuk, segeralah naik ke tempat tidur. Bila Anda sudah berbaring selama 15-30 menit namun tidak kunjung dapat tidur, jangan diam saja di tempat tidur. Lebih baik bangun lalu lakukan sesuatu yang bermanfaat yang membuat kita lebih relaks. Boleh membaca atau mungkin menyelesaikan sedikit tugas kantor atau mungkin sedikit beres-beres kamar terlebih dahulu. Sedikit aktivitas ini diharapkan akan membuat Anda mengantuk dan tidur nyenyak.
  • Tempat tidur hanya untuk tidur. Jangan membaca, menonton TV atau terutama bekerja di atas tempat tidur, seperti mengetik dan menulis. Juga tidak meletakkan benda-benda hobi di tempat tidur. Kebiasaan-kebiasaan ini akan mempengaruhi waktu tidur Anda. Biarkan tidur sebagai suatu kebutuhan untuk mengistirahatkan diri atau merilekskan seluruh anggota badan.
  • Pasanglah jam weker pada pukul yang sama setiap harinya. Dengan demikian Anda akan terbiasa bangun pada pukul yang sama di pagi harinya, meskipun setiap hari belum tentu jumlah jam tidurnya sama.
  • Lakukan ritual tidur. Setiap orang memiliki ritual tidur yang berbeda-beda, ada yang membersihkan muka, sikat gigi, berwudhu, atau berdoa terlebih dahulu. Ada pula yang melakukan relaksasi dulu supaya tidur lebih nyenyak.
  • Makanan tertentu juga dapat mengatasi kesulitan tidur. Makanan sehat, banyak mengkonsumsi buah-buahan serta menghindari minuman berkafein atau bersoda, rokok dan kopi sangat baik untuk mempermudah mengatasi kesulitan tidur. Bila tidak juga tidur cobalah minum susu. Perut kenyang akan membantu mempermudah tidur Anda.
  • Olahraga teratur juga akan mempermudah mengatasi kesulitan tidur. Bisa dilakukan di pagi hari, atau di sela-sela kesibukan di kantor, atau sore hari setelah pulang kerja. Yang penting Olahraga teratur dan rutin. Olahraga ini akan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Semoga tidur Anda semakin nyenyak dan berkualitas sehingga menyehatkan tubuh Anda di pagi hari. Sampai jumpa di bahasan berikutnya.


Artikel Lainnya :
1.Tips Kesehatan Wanita dan Anak – Rahasia Awet Muda Modern 
2.Tips Kesehatan – Kalahkan Kejenuhan atau Lelah

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

1 komentar: