Rabu, 11 Februari 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan Anak- Memenuhi Gizi Otak Anak Supaya Semakin Cerdas (Bagian 2)

Setiap Orang tua Pasti Mau Anaknya Semakin Cerdas 

Edisi kali ini merupakan bahasan pilihan makanan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Padi-padian dan Serealia

     Makanan ini merupakan pilihan yang sangat bergizi dan sebagai sumber karbohidrat kompleks yang mampu meningkatkan kecerdasan anak. Padi-padian merupakan sumber vitamin dan mineral utama yang baik untuk kesehatan otak karena mengandung vitamin B kompleks, seng, magnesium, asam folat, besi, dan selenium, serta vitamin E. Bila sudah diproses menjadi tepung, pasta dan beras putih, maka padi-padian dan serealia ini akan kehilangan banyak nutrisi dan cenderung mudah mempengaruhi kadar gula darah.

   Hidangan yang mengandung pasta, beras, dan makanan lainnya dari bahan tersebut membantu menenangkan anak sehingga sangat tepat diberikan di penghujung hari atau bila anak sangat aktif dan sulit tidur nyenyak.
Kesehatan-Anak-Tips-Memenuhi-Gizi-Otak-Anak-www.Indonesia-sehat.com

Buah dan Sayuran

     Buah dan sayuran menyumbangkan banyak sekali gizi untuk otak dan tentunya berpengaruh bagi kecerdasan anak,khususnya mengandung antioksidan dan zat fitokemikal, yaitu sekelompok bahan alami yang berkhasiat menyembuhkan. Buah dan sayuran juga mengandung beraneka vitamin dan mineral. Meningkatnya asupan vitamin dan mineral berguna untuk meningkatkan IQ, khususnya pada anak dengan pola makan buruk. Maka sangat dianjurkan porsi makan buah tiga porsi dan dua porsi sayuran per hari bagi perkembangan anak-anak.
   Buah mengandung sumber vitamin C,boron,selenium, dan karotenoid. Sedangkan sayuran mengandung zat besi,vitamin C, kalsium, selenium, vitamin B kompleks, magnesium, seng dan boron.
Boron bertanggung jawab atas produksi gelombang positif otak, meningkatkan kewaspadaan, memori, dan konsentrasi otak. Vitamin C membantu penyerapan zat besi yang mampu meningkatkan IQ dan membantu menghidupkan pikiran.

Cara Mudah Meningkatkan Konsumsi Buah dan Sayuran Pada Anak

    Variasi jenis buah dan sayuran kesukaan anak akan membuat mereka semakin menyukai menu tersebut. Sajikan buah dan sayuran dalam bentuk menu yang mereka sukai, misalnya bila mereka lebih menyukai salad buah dan sayuran, maka sajikanlah semenarik mungkin. Dengan tambahan mayonaise yang gurih dan bergizi bisa menjadi lebih menarik. Selain itu, jika anak-anak lebih suka menggunakan tangan daripada memakan buah dengan sendok dan garpu, maka biarkan mereka memakan makanan tersebut dengan tangan mereka asalkan tangannya sudah bersih. Potongan panjang sayuran juga cocok dicelupkan dalam saus, jadi menyiapkan saus celup yang bergizi menjadi daya tarik mereka untuk lebih menyukai menu tersebut. Konsumsi buah dan sayuran ini dapat meningkatkan kecerdasan otak mereka.
     Jika anak menolak memakan sayuran dalam bentuk segar atau dalam bentuk salad, maka kita bisa mencampurkannya dalam bentuk makanan olahan lainnya, seperti jenis menu sederhana lainnya yaitu martabak sayuran dan goreng bala-bala.
Namun sayuran yang dikukus lebih baik daripada yang digoreng karena akan mempertahankan nutrisi utama yang baik bagi perkembangan otaknya.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

     Segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan asupan vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, kalsium, Vitamin E, selenium, potasium, seng, dan asam lemak Omega 6. Semua zat gizi tersebut  merupakan kunci utama untuk fungsi otak dan produksi energi yang berpengaruh bagi kecerdasan anak. Anak-anak yang kekurangan vitamin B kompleks akan merasa mudah lelah, lesu, letih, dan sulit mempertahankan konsentrasi. Jenis menu ini bisa dijadikan sebagai alternatif makanan bergizi berupa kaserol, setup, kue dan hidangan penutup pembangkit selera.
     Dalam pengobatan Cina, kacang kenari dikenal sebagai buah panjang umur, dan menjadi makanan sempurna untuk otak karena mengandung asam lemak esensial Omega 3 dan Omega 6. Biji labu pun mengandung dua senyawa tersebut. Biji wijen dan bunga matahari, termasuk minyaknya kaya akan asam lemak Omega 6.
Jenis kacang-kacangan supaya tahan lama hindari terlalu banyak diberi garam, dan jangan disimpan terlalu lama, karena mudah tengik. Agar tetap segar, simpanlah makanan tersebut dalam wadah kedap udara dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung.

Inilah bahasan pilihan makanan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Maka dengan peran besar orangtua dalam memperbaiki pola makan anak Insyaallah mampu memperbaiki gizi anak supaya akan tetap sehat dan semakin cerdas.

Artikel Lainnya :
1.Kesehatan Anak – Tips Memenuhi Gizi Otak Anak Supaya Semakin Cerdas (Bagian 1) 
2.Tips Kesehatan – Agar Otak Selalu Sehat dan Fresh

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar