Selasa, 03 Februari 2015

Headlines News :

Kesehatan Anak – Tips Memenuhi Gizi Otak Anak Supaya Semakin Cerdas (Bagian 1)

Tips Memenuhi Gizi Otak Anak Supaya Semakin Cerdas (Bagian 1)

Harapan Orangtua Pada Anaknya

Kesehatan-Anak-Tips-Mencerdaskan-Anak-www.Indonesia-sehat.com

    Semua orangtua pasti menginginkan anak-anaknya cerdas dan kesehatan anaknya terjamin. Mudah menangkap pelajaran di kelasnya. Mudah diajak berdiskusi. Pokoknya cerdas segalanya. Nah untuk mendapatkan itu semua, perlu adanya perawatan dan asupan nutrisi yang tepat untuk otak anak supaya cerdas. 

 
     Selain didukung oleh lingkungan di sekitarnya, nutrisi memiliki peranan penting untuk kecerdasan otaknya. Ini bermula dari pola makan yang baik yang dapat mempertahankan kesehatan anak, khususnya kesehatan jantung,paru-paru, pencernaan dan selanjutnya berpengaruh pada efisiensi reaksi kimia di otak, meningkatkan memori konsentrasi, dan energi mental. Meski ada juga makanan yang dianggap memberi pengaruh buruk terhadap fungsi otak (baca: Kesehatan Anak – Jauhkan Anak Dari Makanan Yang Melemahkan Otak) tetapi masih banyak pilihan menu makanan yang mampu mengoptimalkan kemampuan belajar anak.

Ikan dan Kerang-Kerangan

    Sudah banyak terbukti bahwa ikan dan kerang-kerangan merupakan makanan yang baik untuk nutrisi otak yang berpengaruh pada kesehatan anak. Makanan-makanan ini mengandung asam lemak Omega 3, Omega 6 serta sejumlah vitamin, mineral, dan asam amino. Asam lemak Omega 3 jenis DHA (Docosa Hexanoic Acid) dan EPA (Eikosa Pentanoic Acid) yang banyak ditemukan dalam ikan berminyak terbukti berperan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan fungsi saraf dan otak. 
     Asam lemak esensial tidak dihasilkan di dalam tubuh, karena itu kita harus mendapatkannya dari luar, yaitu dari makanan. Ada kekhawatiran makanan modern tidak mengandung cukup banyak lemak Omega 3. Kekurangan zat gizi ini dikaitkan dengan lemahnya konsentrasi dan memori,disleksia,masalah perilaku,kesulitan belajar,juga hiperaktif pada beberapa anak yang sensitif.
     Anak-anak khususnya memerlukan asam lemak Omega 3 untuk memenuhi masa pertumbuhan otak, mata, dan saraf yang cepat yang berpengaruh pada kesehatannya. Omega 3 juga diketahui mampu memperbaiki suasana hati dan membantu mengatasi depresi.
     Ikan juga merupakan sumber kolin, yaitu nutrisi yang diperlukan (bersama lesitin dan vitamin B kompleks) untuk menghasilkan bahan kimia asetilkolin di otak, yang berfungsi agar memori dapat bekerja cepat dan meningkatkan kemampuan belajar. 
    Kerang-kerangan juga merupakan sumber zat seng, sebagai mineral penting bagi kemampuan memori dan konsentrasi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan sedikit saja zat seng dapat mengakibatkan ketidakseimbangan fungsi mental.  Akibatnya, anak menjadi sensitif, suasana hati mudah berubah, dan hilang nafsu makan. Bila kekurangan nutrisi tersebut segera diatasi, maka kemampuan memori akan membaik kembali. 

Sumber Omega 3 dari Jenis Ikan:
1. Makarel
2. Tuna
3. Sarden
4. Ikan Hering 
5. Salmon (lebih baik yang liar atau organik)
6. Beberapa jenis ikan berdaging putih dan kerang-kerangan

     Nah untuk pilihan makanan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan anak akan kita bahas di edisi berikutnya ya.....teman-teman.


Artikel Lainnya :
1.Tips Kesehatan – Agar Otak Selalu Sehat dan Fresh
2.Tips Kesehatan – Manfaat Asam Lemak Omega 3 dari Ikan Laut

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar