Rabu, 04 Maret 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan – Kalahkan Kejenuhan atau Lelah

Kalahkan Kejenuhan atau Lelah

Tips-Kesehatan-Kalahkan-Kejenuhan-Atau-Lelah-www.indonesia-sehat.com

     Tips Kesehatan pada edisi kali ini membahas tentang Jenuh, beban berlebih, letih sebagai beberapa kata yang kita gunakan untuk menggambarkan dampak stres dalam hidup kita. Di tengah masyarakat yang dikejar-kejar deadline, sedikit orang yang luput tanpa merasa, setidaknya pada sebagian waktu, bahwa mereka sedang bergumul dengan stres.

     Tips Kesehatan mengenai Stres telah dikaitkan dengan hampir semua masalah kesehatan yang kita miliki, serangan jantung,stroke,hipertensi, asma, bahkan kanker. Namun terlalu sedikit stres dapat mengundang masalah juga, lelah, kejenuhan, kegelisahan, prestasi kerja yang rendah, dan depresi. Tantangannya adalah menemukan jalan tengah antara kedua yang berlebihan ini.

Apakah stres itu?

     Sebagian orang mendefinisikan stres dengan masalah yang dihadapi mereka dan permasalahan-permasalahan yang harus diatasi. Beberapa stres seringkali didefinisikan sebagai “eustres” dapat memperbaiki kewaspadaan kita, meningkatkan ketajaman perhatian, dan menghasilkan kinerja yang unggul. Beberapa contoh mungkin kompetisi olahraga, penampilan di teater, memenangkan suatu pertandingan, dan menerima kenaikan pangkat dalam pekerjaan. Stres yang ada dalam situasi ini dapat menghasilkan perasaan-perasaan senang yang berlebihan.
Stres yang lain mungkin tidak terlalu menyenangkan seperti itu namun karena perasaan-perasaan puas yang kuat, seperti pujian dari rekan kerja atau bahkan promosi jabatan yang tidak terduga.  Namun stres yang lain dapat membuat kita letih meskipun sebenarnya stres itu bagus, seperti pesta pernikahan atau reuni keluarga. Kemudian ada stres yang melelahkan dan menekan, seperti kehilangan pekerjaan,masalah hukum, perceraian,kematian orang yang dikasihi.
     Kesehatan disebut kemampuan untuk beradaptasi pada kesehatan seseorang. Maka orang-orang yang sehat harus menemukan cara-cara menjaga stresnya dalam keseimbangan yang positif.

Cara Mengatasi Stres

Adaptasi Sehat

Mengenali penyebab stres dan melakukan sesuatu yang positif terhadap hal itu merupakan cara awal mencegah stres.

Sikap Mental Positif

Tips kesehatan kali ini, jangan mengkhawatirkan masa depan. Jalani hari demi hari dengan kemampuan dan usaha optimal untuk mendapatkan hasil terbaik. Kekhawatiran cenderung menjadikan tidak mampu, tetapi melihat masalah sebagai satu tantangan cenderung memotivasi.

Bekerjalah untuk satu perkara yang membantu oranglain dan tentunya disetujui Allah.

Kitab suci dari Allah sebagai pegangan suci yang indah dan sarat makna adalah resep sehat yang paling indah yang diberikan Allah.

Pola hidup sehat

Tips kesehatan untuk hindari stres dengan pola hidup sehat seperti:

1. Olahraga aktif secara teratur setidaknya 30 menit sehari. 
     Olahraga menghasilkan hormon yang menimbulkan rasa nyaman dan melindungi tubuh dari stres. Udara segar dan sinar matahari pagi yang menyehatkan sebagai manfaat ganda untuk menghalau stres di hari penuh rutinitas.

2. Diet sederhana dengan memasukkan menu vegetarian pada makanan harian kita cukup menambah energi,efisiensi dan ketahanan tubuh dalam menangkal stres.

3. Tanpa alkohol, kafein, atau obat-obatan berbahaya sangat membantu menangkal stres.

4. Istirahat cukup dengan tidur nyenyak di malam hari dan waktu-waktu santai yang teratur serta rekreasi cukup menambah energi dalam menanggulangi stres.

5. Penggunaan air yang banyak, baik di dalam maupun di luar tubuh. Minum cukup air untuk membuat air kemih tetap bening (enam sampai delapan gelas sehari).
Mandi panas dan dingin setiap hari memulai hari Anda dengan baik.

6. Keyakinan beragama yang baik, rumah tangga yang bahagia, pekerjaan yang membuat anda merasa berguna,teman-teman yang memberi inspirasi, satu tujuan hidup merupakan beberapa hal yang membuat kita terhindar dari stres.

Maka tips kesehatan pada bahasan kali ini dirangkum dalam sebuah kata manfaatkanlah waktu Anda sebaik-baiknya sehingga terhindar dari stres yang membuat diri Anda terpuruk dan keluarga pun merasa turut bersedih.



Artikel Lainnya :
1. Tips Kesehatan – Agar Otak Selalu Sehat dan Fresh 
2. Kesehatan Tubuh – Tips dan Trik Mengatasi Sakit Kepala

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar