Selasa, 17 Maret 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan Wanita dan Anak - Mencerdaskan Anak dengan Mendongeng

Mencerdaskan Anak dengan Mendongeng


Mendongeng yang Benar

     Tips Kesehatan Wanita dan Anak kali ini tentang mencerdaskan Anak  Anda dengan Mendongeng. Setiap orangtua menginginkan anak-anaknya tumbuh cerdas. Namun harapan tersebut tidak akan terwujud apabila orangtua bersikap pasif. Membiarkan anaknya menonton televisi terus menerus dengan suguhan tontonan yang sebenarnya kurang mendidik adalah kesalahan besar. Mulai dengan merengkuh mereka dengan kasih sayang, memberikan stimulasi untuk merangsang kecerdasannya otomatis akan membuat mereka semakin kreatif.

Tips-Kesehatan-Wanita-dan-Anak-Mendongeng-www.indonesia-sehat.com


     Mendongeng dipercaya mampu menumbuhkan daya kreatifitas Anak sehingga semakin berkembang.  Durasi mendongeng yang benar sebaiknya singkat saja, jangan terlalu banyak tokoh yang membingungkan anak, dan jangan mengambil jalan cerita yang rumit dan sulit dipahami anak. Hal ini dimaksudkan agar anak bisa mencerna isi cerita, tidak cepat bosan, dan bisa menangkap pesan moral yang disampaikan. Dongeng yang dibawakan juga hendaknya sederhana, seperti soal anak yang malas belajar, suka mengganggu teman sekolah, atau lainnya. 


Manfaat Mendongeng Bagi Anak

     Dongeng sangat bermanfaat bagi anak sebagai sarana penyampaian pesan moral pada anak-anak. Dongeng bisa menjadi sarana yang membuat anak yang mendengarkan dongeng tersebut dapat memiliki kecakapan matematika yang baik. Dengan mendengarkan alur dongeng, mereka bisa melatih logika berfikir. Dalam cerita dongeng selalu ada pembukaan cerita,permasalahan dan jalan keluar.
     Dongeng juga bisa membantu anak mengenali dirinya,meningkatkan motivasi anak, meningkatkan minat baca, melatih kesabaran, dan kecakapan mendengar anak. Tidak semua anak memiliki kemampuan mendengar yang baik. Dongeng melatih anak menghormati orang lain berbicara dan menyimak sebuah pembicaraan hingga selesai.
     Saat orangtua ataupun guru mendongeng semenarik mungkin akan membuat seorang anak mampu mengingat dongengnya atau berubah sikap setelah mendengar dongengnya.
     Menurut Poetri  Soehendro, salah seorang pendongeng di Indonesia, anak yang sering didongengkan cerita akan merasa dekat dan selalu ingin bercerita kepada orangtuanya sampai mereka mulai beranjak remaja. Poetri berharap para ibu mau mencoba mendongengkan anak-anaknya. Dalam anggapannya, pendongeng terbaik adalah orangtua dan guru sang anak.
     Manfaat mendongeng begitu banyak, namun manfaatnya mulai bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang. Tidak mungkin terjadi perubahan sikap seketika setelah diceritakan.
     Menurut Poetri, pasti selalu ada waktu bagi para ibu, termasuk ibu yang bekerja kantoran untuk mendongengkan anaknya. Bisa pada malam hari sebelum tidur, hari Sabtu dan Minggu, atau di mobil saat mengantarkan anak ke sekolah. Tidak ada alasan orangtua untuk tidak bisa mendongengkan anaknya. Mulailah untuk dekat dengan anak bukan hanya memberikan handphone, mainan Play Station, tontonan televisi tanpa kenal batas waktu atau fasilitas internet pada anak secara berlebihan tanpa ada pendidikan di dalamnya. Sentuhan halus orangtua dan ajaran moral lebih berarti untuk hidupnya yang penuh arti di masa depan.

Artikel Lainnya :
1.Informasi Kesehatan Anak – Cara Menstimulasi Otak Bayi
2.Tips dan Trik Kesehatan Anak – Mengoptimalkan Peran Otak Kecil Pada Anak

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar