Rabu, 04 Maret 2015

Headlines News :

Informasi Kesehatan- Nutrisi Modern Amankah?

Nutrisi Modern Amankah?

     Informasi kesehatan yang dibahas pada edisi kali ini adalah tentang gaya hidup masyarakat perkotaan dengan mengkonsumsi makanan modern, apakah aman bagi tubuh? Masyarakat perkotaan dengan tingkat kemakmuran tinggi sedang membayar dengan harga tinggi untuk keistimewaan itu, dalam hal penyakit-penyakit yang tak perlu terjadi,kelumpuhan, dan kematian dini.
Informasi-kesehatan-Nutrisi-Modern-Amankah?-www.indoensia-sehat.com

Apakah yang salah yang dilakukan?

     Masyarakat modern di perkotaan makan terlalu banyak dari hampir segala sesuatu,terlalu banyak gula,terlalu berlemak,terlalu banyak kolesterol, dan terlalu banyak garam. Kita makan terlalu banyak kalori. Dan kita makan terlalu sering.
     Informasi kesehatan mengenai kelebihan seperti itu telah membantu menumbuhkembangkan penyakit berbahaya, seperti jantung koroner,stroke,tekanan darah tinggi,arthritis,diabetes masa dewasa,obesitas, dan beberapa penyakit kanker. Penyakit-penyakit ini menyumbang fase kematian yang cukup besar bagi masyarakat perkotaan. Semua itu berkaitan dengan gaya hidup kita,terutama terhadap bagaimana kita makan.

Apakah penyakit dari makanan?

     Informasi kesehatan mengenai benarkah pestisida dan bahan pengawet sebagai penyebab terburuk dari makanan modern. Ternyata beberapa penelitian menyebutkan pestisida dan bahan pengawet bukanlah penyebab terburuk dari makanan modern, tetapi berikut ada beberapa biang keladinya:

Gula

     The National Research Council melaporkan bahwa gula yang dimurnikan dan pemanis menyumbangkan sampai 20 persen kalori harian banyak orang. Selain tanpa serat dan bahan nutrisi, gula olahan adalah kalori kosong. Tetapi karena berat jenis kalorinya maka gula cocok untuk meningkatkan obesitas seseorang.

Makanan Olahan

     Serat itu perlu untuk melindungi kita dari kanker-kanker tertentu, menstabilkan gula darah,mengendalikan berat badan, dan mencegah masalah-masalah saluran pencernaan seperti kantong empedu.

Garam

     Sebagian besar orang mengkonsumsi 10-20 gram (dua atau empat sendok teh) garam sehari. Ini sangat berlebihan dari yang sebenarnya diperlukan dan sangat berperan menyebabkan tekanan darah tinggi,gagal jantung, dan penyakit ginjal.

Lemak

     Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengkonsumsi rata-rata 37 persen kalori harian mereka dalam bentuk lemak. Ini jauh melebihi kadar normal yang diperlukan oleh tubuh . Akibatnya, pembuluh-pembuluh  darah tersumbat, terjadilah ketidakmampuan jantung dan otak akan menderita. Diet tinggi lemak juga berperan pada kelebihan berat badan, diabetes masa dewasa, dan kanker-kanker tertentu.

Protein

     Konsumsi protein sesuai batas kewajaran lebih aman bagi kesehatan sehingga lebih baik dan umur pun menjadi lebih panjang. 

Minuman

     Kurangnya mengkonsumsi air putih dan kesukaan akan minuman beberapa sajian soda, kopi,teh, dan minuman manis lainnya setiap hari cenderung mengganggu kadar gula darah dan merusak upaya-upaya pengendalian berat badan. Kafein,fosfat, dan bahan-bahan kimia lain yang ditemukan dalam minuman tersebut mengandung resiko kesehatan tambahan.

Makanan Ringan

     Makanan ringan (snack) yang sudah digemari anak-anak maupun dewasa di sekolah-sekolah, pusat penitipan anak, tempat kerja,  bahkan rumah sakit sekalipun  sudah bukan makanan asing lagi. Waktu makan keluarga yang direncanakan dengan baik sekarang merupakan pengecualian. Serangan makanan ringan ini mengganggu pencernaan, memberatkan beban lambung, dan sering menyebabkan kembung dan salah cerna.

Adakah yang aman untuk dimakan?

     Informasi kesehatan mengenai adakah nutrisi modern yang aman bagi tubuh ? Hendaknya kita pikirkan buah dengan beraneka rasa, warna-warni yang spektakuler, setiap tekstur dan cita rasa yang dapat dibayangkan. Beralihlah pada makanan sayuran,kentang, dan ubi rambat. Sertakan polong-polongan,segala jenis kacang,buncis, dan jenis sayuran lainnya sangat baik dalam diet yang baik dan menyehatkan.
     Makanan nabati ini akan melengkapi semua lemak,protein,serat dan bahan gizi yang diperlukan tubuh dan menghemat anggaran hampir sampai setengahnya.
     Mengkonsumsi makanan sarat akan serat dan makanan nabati adalah gaya hidup yang dapat membantu menunda dan seringkali mencegah bermulanya sebagian besar penyakit pembunuh masyarakat modern saat ini. Makan makanan nabati yang sarat serat tidak hanya membuat orang-orang memakan kuantitas makan yang lebih besar tanpa khawatir bertambah berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan energi yang optimal sepanjang hidup.



Artikel Lainnya :
1. Kesehatan Anak – Jauhkan Anak Dari Makanan Yang Melemahkan Otak
2. Kesehatan Wanita dan Anak - Kiat Hidup Sehat dengan Terapi Jus

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar