Jumat, 30 Januari 2015

Headlines News :

Kesehatan Wanita dan Anak - Informasi Kesehatan Reproduksi - Mengapa Pendidikan Seks itu Penting?

Informasi Kesehatan Reproduksi - Mengapa Pendidikan Seks itu Penting?

Masihkah seks dianggap tabu oleh masyarakat?

Kesehatan-Wanita-Anak-Informasi-Pendidikan-Seks-www.Indonesia-sehat.com
   
     Masihkah seks dianggap tabu oleh masyarakat? Apalagi yang memperbincangkannya keluarga bersama anak-anak di rumah.  Tidak salah orangtua selalu khawatir untuk menjelaskan seks harus mulai dari mana, namun informasi pendidikan seks  ini perlu diberikan terlebih dahulu daripada anak-anak mendapatkan informasi yang salah dari lingkungan sekitarnya. Berbicara tentang hal ini sama halnya bicara tentang soal tubuh manusia. Gampangnya, perbedaan mencolok dari laki-laki dan perempuan bisa dilihat dari bentuk dan fungsi tubuhnya. Sesuatu yang wajar jika anak memiliki ketertarikan yang kuat terhadap tubuh lawan jenisnya. Apalagi jika usia mereka mulai beranjak remaja.

     Untuk mengatasi ketertarikan mereka berkembang ke arah yang keliru, sebagai orangtua hendaklah kita sudah “siap tempur” untuk memberikan informasi pendidikan seks dan reproduksi yang tepat pada buah hati kita.
     Sebagai orangtua kita hendaklah tahu terlebih dahulu bahwa informasi pendidikan seks ini tidak hanya sekedar mencegah kehamilan di usia dini, tetapi lebih dari itu, anak diajarkan untuk mengerti fungsi organ seks dan bagaimana mempertanggungjawabkannya. Ada baiknya kita berperan juga sebagai teman anak dalam berdiskusi tidak hanya dikenal sebagai orangtua yang galak yang bakal dijauhi mereka. Dekaplah mereka, dengarkan cerita mereka karena segala macam informasi pendidikan seks yang diterima anak lebih baik bermula dari penjelasan orangtuanya yang sudah dianggapnya sebagai teman dekat atau bahkan sahabat. Jika sudah demikian, anak akan merasa nyaman untuk bercerita dengan anda.
     Informasi Pendidikan seks benar-benar penting bagi mereka dimulai dari penjelasan kita sebagai orangtuanya untuk mengingatkan bahwa tidak ada seorangpun selain keluarga kandung yang boleh meraba-raba tubuhnya. Kenalkan bahwa itu adalah aurat yang harus senantiasa dijaga dan ditutupi. Point pentingnya ada pada proteksi diri. Ajaran ini hendaknya tidak bertentangan dengan ajaran agama.

Dukungan Sekolah Penting untuk Pendidikan Seks Anak

     Lingkungan sekolah dan pergaulan anak turut mempengaruhi. Bisa jadi anak di rumah tampak “manis” dan baik-baik saja, tetapi kemudian mereka bertemu dengan teman-teman yang mempengaruhinya untuk berbuat tidak wajar. Maka didikan orangtualah yang harus benar-benar diprioritaskan supaya mereka memiliki benteng dan pendirian yang teguh agar tidak mudah terpengaruh. 
     Memberikan informasi pemahaman seks dan reproduksi pada anak usia remaja memang pekerjaan yang cukup berat. Namun orangtua harus membenahi pola pikir anak usia remaja tentang seks yang mengalami distorsi. Buatlah perbincangan-perbincangan hangat dan ringan namun serius tentang masalah ini. Jadikan orangtua sebagai sahabat anak terlebih dahulu. Anda harus pintar-pintar menciptakan momen berbicara. Jauhkan rasa segan atau pun malu untuk memulai diskusi mengenai hal ini, daripada mereka mendapatkan informasi pendidikan seks tersebut dari orang lain yang salah dan menyimpang. Kaitkan pendidikan seks ini dengan ajaran agama. Jelaskan bahwa begitu mulianya kedudukan seorang wanita dalam Islam sehingga Alloh menganjurkan untuk menutupi auratnya. Subhanallah, itu semata-mata untuk kebaikan hamba-hamba-Nya.


Artikel Lainnya :
1.Kesehatan Wanita dan Anak - Termasuk Tipe Ibu Apakah Anda?
2.Tips Kesehatan – Agar Otak Selalu Sehat dan Fresh

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar