Sabtu, 15 November 2014

Headlines News :

Fakta Dari Segi Kesehatan Penyebab Tumbuhnya Uban

httpkesehatan-wanita-anak.blogspot.com201411fakta-dari-segi-kesehatan-penyebab.html


Apa sih Uban itu?

Sebagian besar wanita pasti resah jika sudah melihat uban di kepalanya. Karena tumbuhnya uban identik dengan semakin bertambahnya usia. Dengan kata lain kita akan dicap orang semakin tua. Namun pada faktanya banyak yang masih muda tapi sudah ubanan. Kemunculan uban ini pastilah membuat khawatir, kesal, dan kurang percaya diri.


Uban Menurut Kesehatan

Dari segi kesehatan,menurut seorang asisten profesor klinis di bidang dermatologi New York University Medical Center,AS, Diana Bihova menjelaskan bahwa proses tumbuhnya uban tidak dapat dihentikan dan tidak menyebabkan proses tumbuhnya bertambah cepat. Uban tumbuh folikel demi folikel. Bila mencabut sehelai uban, rambut tersebut akan digantikan dengan uban baru dari folikel yang sama.
Tumbuhnya uban bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan pada kelenjar endokrin, kekurangan gizi rambut, menderita cedera atau penyakit pada sistem saraf, atau mengalami gangguan sistem kekebalan (penyakit autoimun). Namun uban (rambut berwarna putih) tidak akan pernah kembali ke warna asli rambutnya (hitam).

Cara Mencegah Tumbuhnya Uban
  • Rata-rata manusia beruban sekitar usia 40 tahun atau lebih. Namun kita tidak bisa memprediksi kapan tepatnya kita akan beruban. Tumbuhnya uban tidak bisa dicegah, tapi bisa diperlambat dengan menggunakan tonikum, moisturizing serum, dan ekstra nutrisi rambut secara intensif pada akar dan batang rambut.
Pemakaian produk pewarna rambut baik senyawa yang mengandung hidrogen atau alkalin yang biasa dikenal sebagai zat peroksida tidak akan menyebabkan kesehatan rambut menurun artinya rambut yang asalnya hitam tidak akan berubah menjadi uban karena memakai pewarna rambut. Sistem kerja jenis produk pewarna rambut tidak ada hubungan dengan siklus pertumbuhan uban karena hanya akan mengenai permukaan, lapisan kutikula bagian luar dan bagian dalam rambut. Walau berpengaruh terhadap elastisitas (kelenturan) rambut, zat peroksida ini tidak mengganggu kerja produksi melanin yang menghitamkan rambut. Artinya, pigmen rambut tetap akan bekerja memproduksi zat warna rambut seperti biasa, sampai saatnya ia melemah dan bahkan berhenti dengan sendirinya.
  • Hindari Mengkonsumsi makanan olahan atau yang mengandung zat hormonal. Karena Mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung bahan pengawet atau yang dibiakkan dengan teknologi hormonal akan mengganggu kesehatan metabolisme pertumbuhan rambut. Karena sirkulasi oksigen dan nutrisi (gizi) ke jaringan kulit kepala akan terganggu sedangkan keduanya sangat penting bagi kerja melanin di sel-sel rambut kita.

Penyebab Utama Tumbuhnya Uban

Penyebab utama tumbuhnya uban dengan cepat dapat diperkirakan karena kerja kelenjar rambut terganggu dan folikel rambut berhenti memproduksi melanin sehingga tidak menghasilkan pigmen dan akhirnya rambut bisa dipastikan akan memutih dengan sendirinya. Gangguan kesehatan pada rambut ini bisa disebabkan oleh adanya kelainan genetik, kekurangan gizi rambut, berkurangnya sel yang memproduksi pigmen melanin, faktor bawaan, atau pernah mengalami penyakit tertentu sehingga dengan mudah mempercepat  tumbuhnya uban.

So, kenapa harus minder dengan tumbuhnya uban karena bagi umat Islam khususnya, masalah uban pun sudah dibahas dalam hadist berpuluh-puluh tahun yang lampau sejak Rasulullah SAW masih hidup,

مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَانَتْ نُورًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَ ذَلِكَ فَإِنَّ رِجَالًا يَنْتِفُونَ الشَّيْبَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ شَاءَ فَلْيَنْتِفْ نُورَهُ

“Barangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: “Orang-orang pada mencabut ubannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Siapa saja yang ingin, silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).” (HR. Al Bazzar, At Thabrani dalam Al Kabir dan Al Awsath dari riwayat Ibnu Luhai’ah, namun perowi lainnya tsiqoh –terpercaya-. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Maka kita hendaknya Bersyukur atas Nikmat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan tumbuhnya uban sebagai tanda sesuai  suatu Ayat Al Quran yang membicarakan tentang uban ini yang bunyinya:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفاً وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ

“Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)

Subhanallah....

(Dari berbagai Sumber)





Artikel Lainnya :
1.
2.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar