Sabtu, 22 November 2014

Headlines News :

Trik dan Tips Kesehatan - Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Bugar

 kesehatan-wanita-anak-trik-dan-tips-kesehatan-mendapatkan-tubuh-yang-sehat-dan-bugar

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati
     Di zaman yang serba modern ini, kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang sangat mahal. Dengan alasan pemeriksaan dan kecurigaan terhadap suatu penyakit, prosedur pemeriksaan kesehatan lewat laboratorium haruslah dilewati sebagai standar baku yang mahal biayanya. So, memang istilah mencegah lebih baik daripada mengobati adalah kata-kata yang pas untuk sebuah harga kesehatan tubuh. Hanya saja informasi untuk menghindari suatu penyakit tidaklah mudah perlu niat yang besar untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tersebut.
     Mau tidak mau, suka atau tidak suka untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar itu, kita berada dalam pusaran gaya hidup, makanan, pekerjaan dan penuaan.

Gaya Hidup

     Anthony Robbins, seorang motivator terkenal dunia, mengatakan bahwa manusia cenderung menghindari sengsara dan mencari kenikmatan. Dikatakannya 80 % otak manusia bekerja untuk menghindari kesengsaraan dan 20 % mencari kenikmatan. Maka yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita dengan pemikiran tersebut adalah olahraga dan diet.
     Dalam pikiran sebagian besar orang, aktifitas fisik seperti olahraga dinilai sebagai suatu kegiatan yang menyengsarakan. Sedangkan menonton televisi, makan makanan gurih dan berlemak serta bersantai seharian setelah lelah bekerja adalah suatu kenikmatan.

Benarkah demikian??

     Bayangkan setelah usia 30-an tahun, ketika massa otot di tubuh kita semakin berkurang, aktivitas fisik kita malah berkurang seiring makin bertambahnya fasilitas. Kendaraan, telepon genggam, remote kontrol televisi dan lainnya semakin membuat tubuh kita malas bergerak. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah melambat dan tubuh akan membakar lemak lebih sedikit. Enzim yang menjaga lemak darah dalam keadaan normal dipaksa menjadi tidak aktif. Maka tubuh akan lebih mudah terkena depresi sehingga akan semakin meningkatkan resiko penyakit jantung. Maka solusi yang tepat untuk hal tersebut adalah dengan melakukan aktivitas kesehatan fisik seperti olahraga yang teratur. Hal ini sangat meningkatkan stamina tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar.

Aktivitas Aerobik

   Aktivitas aerobik seperti jogging, bersepeda, dan berenang dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan jantung, membakar lemak secara langsung, dan membuat mood menjadi lebih baik. Ketika sirkulasi darah bertambah lancar, darah akan semakin banyak mengalir ke otak yang secara otomatis meningkatkan kemampuan berfikir. 
     Wanita yang rajin melakukan aerobik cenderung memiliki bentuk tubuh yang ideal, wajah menjadi lebih bercahaya dan terpeliharanya mood sehingga lebih percaya diri dan lebih nyaman dengan bentuk tubuhnya. Semua manfaat positif tersebut dalam waktu bersamaan membantu meningkatkan produktivitas kerja baik secara fisiologis dan psikologis.
Secara umum yang dimulai dengan peregangan otot terlebih dahulu akan membuat tubuh lentur, mengurangi resiko cedera, dan membuat tubuh nyaman.Olahraga latihan beban dapat membentuk massa otot sehingga 3 fungsi dasar otot dapat terjaga. Tiga fungsi otot tersebut adalah :
  • bentuk tubuh akan tetap bagus, 
  • pergerakan tubuh akan gesit dan bugar, 
  • pembakaran kalori akan mencegah obesitas.

     Latihan beban juga secara langsung merangsang tubuh memproduksi hormon testosteron baik pada wanita maupun laki-laki, untuk menjaga kesehatan jantung (kerja jantung pun dipengaruhi oleh hormon testosteron) dan meningkatkan fungsi otak sehingga lebih segar dan bugar. Selain itu testosteron pada wanita dan laki-laki menyebabkan gairah yang tinggi termasuk dalam berprestasi dan bekerja.
     Hal yang harus dilakukan oleh para pekerja kantoran supaya tetap bisa bergerak adalah secara sadar mulai mendesain aktivitas untuk diri sendiri dan melakukan rehat secara rutin setelah bekerja berjam-jam. Rehat tersebut bisa dilakukan dengan berjalan-jalan di sekitar kantor atau berdiri sejenak setelah duduk berlama-lama saat bekerja.

Berikut ini tips agar kesehatan tubuh tetap sehat dan bugar adalah

Di kantor atau di mana saja

  • Berjalan lebih cepat
  • Menggunakan tangga manual daripada lift
  • Berjalan lebih lama 10 menit sebelum makan siang

Di rumah

  • Membereskan ruang tidur atau ruangan lain sehingga tubuh tetap aktif bergerak
  • Mengangkat sendiri barang belanjaan
  • Membuka dan menutup jendela rumah setiap hari agar udara sekitar rumah segar.

Kombinasi mengkonsumsi makanan, pekerjaan dan gaya hidup yang sehat

kesehatan-wanita-anak-trik-dan-tips-kesehatan-mendapatkan-tubuh-yang-sehat-dan-bugar

Menjaga Kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan:
  • Mengurangi makanan yang mengandung gula

     Overdosis gula akan banyak menyebabkan kerusakan pada organ tubuh kita termasuk pembuluh darah, sistem kekebalan, dan kulit yang lebih cepat menua. Sayangnya hampir semua makanan dan minuman saat ini pasti banyak mengandung gula karena gula memberikan sensasi “feel good”.  
Alternatif pengganti gula bisa dilakukan dengan pilihan menu dengan tambahan madu atau gula aren yang lebih menyehatkan.
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran segar akan menambah nutrisi mikro ke dalam tubuh kita. Tambahan nutrisi mikro ini sangat penting karena tubuh kita sangat membutuhkan vitamin dan mineral setiap harinya.
     Kebiasaan menyajikan sayur dan buah yang salah akan menghilangkan vitamin dan mineral yang dikandungnya sehingga perlu membiasakan melakukan penyajian buah dan sayur secara benar dan sehat sehingga berdampak luar biasa pada kesehatan tubuh kita.
  • Mengurangi mengkonsumsi makanan gorengan dengan membiasakan diri memakan makanan yang direbus,dibakar, atau dipepes seperti soto ayam,pepes ikan, atau steak daging tanpa lemak.

     Minyak yang digoreng lebih mudah ditimbun dalam sel lemak di pinggang kita. Lemak ini umumnya membuat darah merah menggumpal sehingga hantaran oksigen ke dalam sel tubuh menjadi tidak sempurna. Hal ini akan menyebabkan kita mudah mengantuk. Resiko yang lebih besar lagi minyak tersebut akan berefek negatif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan resiko munculnya penyakit kronis lainnya.

     Kondisi tubuh yang fit cenderung berpotensi meningkatkan produktivitas kerja. Maka asupan makanan sehat dan olahraga teratur akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja seseorang. 

Maka siapkan diri untuk melakukan “fitness journey” agar tubuh kita sehat dan bugar dengan cara:

  • Memiliki “goal setting” atau tujuan yang jelas

     Dengan tujuan yang jelas akan mempermudah cara untuk mencapainya. Tanpa target kita akan menjadi bingung menjalani hidup. Kita berputar-putar tanpa tahu arah.
Seandainya saat ini anda merasa sudah terlalu gemuk, dan anda ingin kembali langsing maka niatkan dalam hati misalnya: berat badan saya harus turun 6 kg dalam 3 bulan. Jika perlu catat “goal setting“ anda di kertas lalu tempelkan di semua sudut ruangan di mana anda sering melihatnya. Atau jadikan “goal setting“ anda sebagai wallpaper di layar laptop anda atau LCD Blackberry anda. Dengan begitu, anda seakan diingatkan terus menerus oleh “goal setting“ anda setiap waktu setiap hembusan nafas anda.
  • Komunikasikan “goal setting“ dengan orang lain

     Secanggih apapun “goal setting“ anda, namun bila anda tidak mengkomunikasikannya dengan orang lain, anda seakan menjadi “single fighter”. Jadi komunikasikan “goal setting“ baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dengan mengkomunikasikan “goal setting“ anda kepada orang-orang terdekat anda diharapkan orang-orang tersebut membantu anda dalam mencapai “goal setting“ tersebut. Bila memungkinkan mereka justru diharapkan dapat membantu cita-cita anda. Misalkan sahabat-sahabat anda tak lagi membujuk anda untuk makan makanan tidak sehat di restoran yang biasa dikunjungi sama-sama.
  • Mengambil Keputusan untuk memilih hidup sehat

     Misalnya, mulailah dengan menyediakan waktu 15 menit untuk bersepeda keliling komplek perumahan atau aktivitas kebugaran lainnya yang membuat nyaman. Atau anda mulai mengkonsumsi nasi merah atau roti gandum sebagai sumber karbohidrat utama dengan dibarengi sayur dan buah-buahan segar untuk makan pagi siang dan malam.
     Ketidaknyamanan untuk memulai berubah mengambil keputusan untuk hidup sehat adalah bagian dari pertumbuhan. Lebih baik sakit sekarang dengan lelah bersepeda atau jogging misalnya daripada sakit belakangan.

(Sumber:Dr. Phaidon Lumban Toruan)


Artikel Lainnya :
Tips Kesehatan : Supaya Jantung Kita Sehat

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar