Rabu, 12 November 2014

Headlines News :

Tips Menjaga Kesehatan Dalam Sebuah Perjalanan Liburan

kesehatan-wanita-anak-Tips Menjaga Kesehatan Dalam Sebuah Perjalanan Liburan

Bebas dari Mabuk Perjalanan

Menghilangkan penat setelah bekerja seharian atau mengurus keperluan rumah tangga di rumah bisa dilakukan dengan sebuah perjalanan liburan yang sederhana dan mengesankan. Namun kunci sebuah perjalanan liburan yang rileks dan mengesankan adalah faktor kesehatan. Tubuh yang sehat akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca.

Gangguan kesehatan umum saat bepergian antara lain:

Mabuk Kendaraan

Mabuk kendaraan bisa dicegah dengan cara-cara berikut:
  • Jika bepergian dengan mobil, cobalah duduk di kursi depan.  Hindari membaca sambil mengisi waktu di dalam mobil karena akan memperburuk keadaan.
  • Jika bepergian dengan perahu atau kapal laut, duduk sedekat mungkin dengan bagian tengah dan tatap lurus ke depan, ke satu titik yang tidak bergerak.
  • Jika bepergian dengan pesawat terbang, duduk dekat sayap pesawat.
  • Makanlah sebelum berangkat. Perut yang kosong tidak baik untuk mencegah mabuk kendaraan. Selain itu, jika muntah, paling tidak ada sesuatu yang dikeluarkan selain asam perut yang menimbulkan rasa tidak nyaman ketika melewati kerongkongan.
  • Hindari makanan berlemak, makanan keras yang sulit dicerna, dan makanan pedas. Jangan makan secara berlebihan.
  • Suruhlah  bagi orang yang mabuk kendaraan untuk memandang titik jauh di luar mobil.
  • Hindari membaca buku atau bermain video game atau aktivitas lain di mana mata terfokus di dalam mobil.  Usahakan mata memandang titik jauh di luar mobil.
  • Untuk anak batita letakkan di kursi mobil yang letaknya dekat dengan jendela di mana anak bisa melihat ke luar karena pemandangan di luar jelas lebih menarik dibandingkan di dalam mobil.
  • Jika bepergian menggunakan kendaraan mini van, orang yang mabuk kendaraan sebaiknya tidak duduk di kursi belakang karena lebih terguncang sehingga lebih mudah menyebabkan mabuk.
  • Hindari duduk menghadap ke belakang.
  • Bukalah jendela, karena anak atau anda yang sedang terserang mabuk  akan merasa lebih baik.
  • Hindari merokok di dalam mobil.
  • Hindari makanan atau cemilan beraroma tajam.
  • Hindari rem mendadak dan lebih baik tidak terlalu sering mengerem kendaraan.
  • Jika anak atau teman seperjalanan anda mengeluh sakit atau pusing, jangan abaikan dan cobalah dengarkan keluhannya. Perhatikan apakah mereka tampak pucat atau berkeringat.

Cara Mengatasi

Saat ini tersedia obat kesehatan  yang dijual bebas untuk mabuk kendaraan. Agar kerja obatnya efektif, minumlah obat tersebut sebelum berangkat. Ikuti aturan minum yang tercantum pada kemasan.
Jika anak atau anda sendiri keburu mabuk (pucat dan berkeringat dingin), maka cobalah pijatan akupresur.

Pijat refleksi ini bisa dilakukan di sekitar daerah pergelangan tangan. Untuk menentukan titik akupresur ini letakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada pergelangan tangan. Jari manis harus terletak pada lipatan antara lengan dan tangan. Pijatan bisa dilakukan dengan ibu jari dengan memutar searah jarum jam selama 2 menit. Memijat titik akupresur ini bisa meredakan sakit perut, gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan pencernaan, gelisah, dan sakit pergelangan tangan.
Jika masih mabuk, hentikan kendaraan sejenak, cobalah jalan pelan sambil mengayunkan kedua lengan secara bebas. Gerakan ini membantu menenangkan perut. Teruslah jalan di udara segar dan dingin.
Dengan mengatasi mabuk di perjalanan tentunya membuat perjalanan liburan anda akan semakin  mengesankan dan terhindar dari gangguan kesehatan.


Artikel Lainnya :
Daya Tahan Tubuh Lemah agar Tubuh Sehat 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehathttp://www.kesehatan-wanita-anak.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar