Kamis, 29 Januari 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan Wanita dan Anak - Perawatan Gigi Pada Anak

Tips Kesehatan - Merawat Gigi Pada Anak

 
kesehatan-wanita-anak-tips-merawat-gigi-www.indonesia-sehat.com

    Tumbuh gigi pada anak merupakan proses yang sangat normal pada bahasan kesehatan gigi anak kali ini. Beruntunglah para ibu yang memberikan Air Susu Ibu pada anak mereka karena mereka lahir tanpa gigi. Bayangkan bagaimana jika anak tersebut memiliki gigi sejak lahir.

    Namun proses pertumbuhan gigi pada anak biasanya disertai dengan gangguan-gangguan kesehatan anak kecil, seperti demam,muntah-muntah,kelainan dalam pernafasan,ruam kulit, bahkan sampai kejang-kejang dan sawan.
     Proses pertumbuhan gigi ini bisa menyebabkan kekebalan tubuh si anak akan menurun untuk sementara waktu sehingga mengganggu kesehatan tubuhnya. Daripada hanya mengeluh karena gigi tumbuh, lebih baik kalau gejala-gejala itu diberi perawatan seperlunya.

Kenapa Anak Kadang-kadang Memiliki Karang Gigi?

Beberapa tahun yang lalu penggunaan obat antibiotik tetrasiklin kerap digunakan pada anak-anak. Ternyata obat tersebut setelah diteliti bisa mengakibatkan gigi sekunder mereka menjadi kekuning-kuningan secara permanen. Akhirnya dewasa ini para dokter tidak lagi memberikan obat tersebut kepada bayi. Sebab sekali dikonsumsi, obat tersebut bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan keadaan ini akan bertahan selamanya. Dengan kata lain, ada baiknya bila anak sakit tidak terlalu sering mengkonsumsi antibiotik.

Pengaruh Gula-gula pada Anak-Anak

Gigi normalnya memiliki lapisan pelindung yang tipis.Lapisan ini menjaga agar gigi tetap baik selama bertahun-tahun. Tetapi lapisan tersebut dirusak oleh gula-gula yang sangat digemari anak-anak. Gula-gula ini menyebabkan gigi berlubang yang disebut karies.
Bagusnya memang anak-anak dihindarkan dari memakan permen atau minum yang manis-manis. Makin sedikit mengkonsumsi gula-gula, maka gigi anak-anak akan bertahan lebih baik dan lebih tahan lama tanpa ada keropos.

Periode Pertumbuhan Gigi

Kesehatan-Wanita-Anak-Tips-Merawat-Gigi2-www.indonesia-sehat.com

Gigi-gigi yang pertama tumbuh disebut gigi susu, jumlah seluruhnya ada 20, yang tumbuh enam bulan kemudian atau lebih. Susunan yang kedua gigi permanen, jumlah seluruhnya 32, mulai tumbuh pada usia enam tahun.

Perawatan Gigi Yang Semestinya

Karena kesehatan gigi sangat penting bagi penampilan seseorang, maka perawatan gigi perlu dilakukan sejak dini. Pemeriksaan yang teratur ke dokter gigi dan perawatan yang teliti akan mencegah perlunya penambalan gigi. Rajin-rajinlah menggosok gigi sebagai alternatif awal untuk mencegah kerusakan gigi.

Artikel Lainnya :
1.Tips Kesehatan Anak, Seberapa Bahayakah Demam Pada Anak Anda?
2.Tips Kesehatan Wanita dan Anak – Terhindar dari Keracunan Makanan

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar