Sabtu, 24 Januari 2015

Headlines News :

Tips Kesehatan Anak, Seberapa Bahayakah Demam Pada Anak Anda?

Demam

 
Kesehatan-Wanita-Anak-www.Indonesia-sehat.com
    Setiap bayi, balita, dan anak kecil sekali waktu akan mengalami suhu badan naik. Umumnya lebih cepat dialami. Bahkan seorang bayi bisa sangat panas badannya secara tiba-tiba. Hal ini bisa membuat ibunya tegang, apalagi kalau dia tidak biasa melihat anaknya demam dan berkeringat dan tidak sehat.

    Demam itu biasa. Para dokter menyebutnya “pireksia” sebagai sebutan untuk suhu badan naik.
Syukurlah umumnya demam bisa normal kembali secepat ia naik, dan dalam banyak kasus penyebabnya tidak diketahui. Dan juga demam yang tinggi sering disebabkan oleh penyebab yang tersembunyi. Suhu badan tinggi tidak selalu berarti anak itu mengalami sesuatu penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan tubuhnya atau bahkan hidupnya. Tapi lebih cepat diperiksa dokter akan lebih baik.
    Kadang-kadang demam itu bisa ringan saja. Misalnya kalau udara di tengah hari sedang panas bisa menyebabkan suhu badan bayi naik. Apalagi kalau bayi memakai pakaian tebal sehingga panas yang dihasilkan tubuhnya tidak dapat menguap.
   Atau dia mungkin tidak mendapat cairan yang cukup. Pada cuaca yang panas bayi banyak mengeluarkan keringat, dan sementara cairan pada kulit menguap secara normal ini membantu suhu badannya tetap normal. Jadi terlalu banyak mengenakan pakaian yang tebal dan terlalu sedikit memberi dia cairan pada waktu hari sedang panas dapat membuat suhu badannya naik.

Infeksi

    Infeksi juga bisa menyebabkan naiknya suhu badan. Hampir setiap infeksi mulai dari flu ringan atau kerongkongan sakit pasti menyebabkan kesehatan tubuhnya menurun dan terjadilah demam. Mekanisme pengatur panas anak itu, terutama bayi belum berkembang dengan sempurna. Memerlukan beberapa tahun sebelum bisa mencapai tingkat efisiensi yang tinggi. Itulah sebabnya bayi dan anak-anak mengalami naik-turun suhu badan secara tiba-tiba.

Resiko Akibat Demam Tinggi

    Otak sangat peka terhadap panas, karena itu otak memerlukan suhu yang tetap. Kalau tiba-tiba menghadapi panas yang berlebihan, sebagian bayi cenderung mengalami sawan. Ini berarti otak mengirim serangkaian impuls listrik akibat panas abnormal yang bekerja di sel-sel otak.
Jadi bayi yang mengalami demam akan mengalami istilahnya sawan. Beruntung karena kebanyakan sifatnya sekilas lalu reda terutama bila diberi perawatan yang menyenangkan.
    Kerepotan akan timbul terutama bila demam pada tengah malam dan kalau ibu bayi tersebut tidak pernah melihat hal serupa sebelumnya. Tapi dengan perawatan yang tepat,tenang, dan efisien biasanya akan langsung menurunkan suhu badan si bayi. Pada banyak kejadian hal ini tidak berulang lagi. Memang ada sedikit pasien yang akhirnya betul-betul menderita sakit ayan, tapi untunglah hal ini tidak lazim. Namun demikian, bayi yang terus menerus mengalami serangan demam harus diperiksa oleh dokter. Tes-tes tertentu bisa dilakukan untuk memeriksa kemungkinan adanya kelainan yang tersembunyi.
    Dengan demikian menjaga kesehatan anak anda sangat penting untuk tumbuh kembang yang baik bagi mereka. 

Artikel Lainnya :

Daya Tahan Tubuh Lemah agar Tubuh Sehat

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar