Selasa, 16 Desember 2014

Headlines News :

Tips Kesehatan - Cara Ampuh Mengontrol Kegemukan

Cara Ampuh Mengontrol Kegemukan

     
Tips Kesehatan-Cara-Atasi-Kegemukan-Badan
Kira-kira 20 % dari semua orang dewasa tampak gemuk. Semakin seseorang lebih tua usianya maka kegemukan merupakan masalah kesehatan yang dianggap berat. Apalagi bagi seorang wanita yang selalu menomorsatukan penampilan, kegemukan ibarat kiamat besar bagi mereka.

Apa Sih Penyebab Utama Kegemukan??

     Pertanyaan di atas bisa langsung dijawab dengan orang gemuk cenderung makan berlebihan dan kurang berolahraga. Tetapi bila diteliti lebih jauh lagi, hal itu barulah sebagian kecil saja. Makan berlebihan dapat disebabkan beberapa hal. Seseorang mungkin makan berlebihan sebab semua penghuni rumah sangat menyenangi makan berlebihan. Jadi orang makan berlebihan bisa terdorong oleh alam lingkungan di mana ia tinggal. Namun ada juga orang yang suka makan berlebihan sebab ia hidup makmur, bisa beli apa saja, pokoknya hidup penuh kesenangan. Atau bahkan banyak juga orang makan berlebihan karena ia sedang menghadapi masalah, stress, hidup susah dan lain-lain.
     Banyak di antara kita sejak masa kanak-kanak telah diajarkan akan menerima hadiah makanan bila melakukan suatu prestasi yang membanggakan. Mereka kadang tidak mendapatkan buah jeruk sebagai hadiah, malah mendapatkan gula-gula atau permen, bahkan kue yang lezat. Bilamana berkunjung ke rumah nenek atau saudara, ia tidak disuguhi buah-buahan malah kue atau sepotong gula-gula.
    Masalah makan berlebihan adalah masalah lingkungan – kita pun berbuat demikian. Sangat menyedihkan karena mungkin saja anda makan sama banyaknya pada usia 40-an dengan usia 19 atau 25 tahun. Tetapi semakin anda lebih tua, anda semakin sedikit bergerak atau bekerja sehingga tidak membakar begitu banyak kalori tubuh sehingga ini berpengaruh pada kesehatan tubuh anda.

Jenis Makanan

      Dalam hampir semua kasus, kegemukan menambah masalah kesehatan khususnya pada wanita. Contoh jika sifat keturunan menyatakan bahwa anda menghadapi masalah kesehatan tubuh dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan sebagainya, maka berat badan berlebihan akan menambah kemungkinan anda menghadapi masalah kesehatan tubuh. Juga seorang yang mempunyai berat badan berlebihan cenderung mengalami masalah yang berkaitan dengan fisik dibandingkan orang normal pada umumnya.
   
www.indonesia-sehat.com-Tips-Kesehatan-atasi-kegemukan

     Masa sekarang ini orang cenderung lebih mudah gemuk karena mereka kurang bekerja menggunakan otot. Banyak hal yang membuat orang-orang tidak perlu bekerja. Mereka tidak memanfaatkan waktu berjalan ke mana-mana. Banyak diantara mereka yang tidak mau keluar rumah, kecuali menuju garasi mobil. Hanya dalam jarak beberapa meter saja, mereka naik mobil. Jadi mereka semakin sedikit memanfaatkan waktu berolah raga. Kurangnya berolah raga menyebabkan otot-otot tubuh tidak teratur, peredaran darah tidak lancar sebagaimana mestinya dan persediaan kalori  tidak terbakar baik sehingga sudah pasti berpengaruh pada kesehatan walaupun akan dirasakan beberapa tahun kemudian.

Yang Patut dibuat

     Dalam masalah kesehatan tubuh ini, hampir setiap dokter menganjurkan untuk bisa hidup sehat dengan melakukan:
  • Usaha/bergerak selama 30 menit per hari dengan catatan 5 menit sebagai pemanasan, 5 menit sebagai penenangan, dan 20 menit melakukan pergerakan badan yang sungguh-sungguh dengan bernafas dalam-dalam sehingga membuat detak jantung lebih cepat dan membuat kita berkeringat.
  • Jika tidak bisa beraktivitas seperti tersebut di atas, kita bisa berjalan kaki karena jika kita menggunakan waktu selama 20 sampai 30 menit berjalan biasa maka metabolisme dalam tubuh akan lekas berjalan dan membakar habis kalori di dalamnya.

Masalah Kegemukan di Kalangan Remaja

     Sering timbul masalah di kalangan remaja dalam hal kegemukan? Ketakutan mereka karena tidak diterima di kalangan sesama teman dan dianggap kurang pergaulan jika tidak ikut nongkrong-nongkrong di mall, mengkonsumsi fast food bersama teman-temannya. Banyak di antara mereka tidak makan pagi,makan makanan ringan atau minum soda waktu sebelum siang karena mereka merasa lapar. Kemudian mereka makan waktu makan tengah hari makan seperti burger, soda, roti atau gula-gula. Setelah sekolah usai mereka makan makanan yang sama.
     Pada waktu makan siang mereka makan lagi, dan sampai sore terus makan terutama makanan ringan. Sepanjang hari  itu mereka bergerak badan tetapi setelah sore mereka makan lagi tanpa berolah raga. Sebagian besar di antara mereka menjadi gemuk sebab mereka hanya makan makanan yang kurang mengandung kalori.
     Apakah makan teratur selama duduk di bangku sekolah mempengaruhi proses belajar? Atau pembangunan tubuh sebelum masuk sekolah sejak kanak-kanak akan mempengaruhi  masa perkembangan tubuhnya? Berbagai studi menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak makan pagi menghadapi kesulitan berkonsentrasi di sekolah. Jika perut anak kita keroncongan bagaimana anak kita bisa memusatkan pikiran sementara harus belajar. Kebutuhan-kebutuhan tubuh tidak terpenuhi.
      Sebagaimana otot-otot memerlukan makanan supaya dapat terpelihara dan bertumbuh kembang dengan baik, demikian pula otak memerlukan makanan.
Sebagaimana umumnya, tubuh kita menerima gizi dari makanan-makanan yang dimakan.
Anak-anak yang kekurangan gizi, tidak dapat berfikir lancar, tidak dapat belajar baik, tidak dapat memusatkan perhatian malah mereka akan menghadapi  berbagai masalah kesehatan tubuh sebab kekurangan makanan.

Cara Ampuh Mengatasi Kegemukan

  • Yang pertama, pergi meminta nasehat dokter dan tanyakanlah apakah anda/anak anda cukup sehat. Kemudian anda harus melakukan nasehat tersebut. Setelah anda mengetahui bahwa anda mempunyai berat badan berlebihan, sadarilah hal itu dan cari tahu alasannya apakah karena enzim, sifat keturunan, atau memang makan terlalu banyak. Sesaat anda mengetahui hal itu, mulailah berusaha menolong diri sendiri. Setelah itu pergilah meminta nasehat dari seorang ahli atau penasehat makanan dan laksanakan program yang akan menolong anda/anak anda tersebut.
  • Kemudian cari tahu bagaimana cara berolah raga yang baik untuk menurunkan berat badan dengan meminta nasehat kepada ahlinya. Jika anda/anak anda suka berenang, bermain tenis, atau bola tangan, lakukanlah sebaiknya dengan teratur.
  • Dalam waktu makan jangan lupa makan pagi, sebab makan pagi sangat penting untuk mengendalikan berat badan. Banyak orang berkata, saya tidak merasa lapar waktu pagi. Alasan mereka tidak merasa lapar sebab mereka makan terlambat malam itu. Jadi perut mereka harus bekerja keras sepanjang malam untuk menerima makanan. Namun kalau anda mengubah kebiasaan makan anda, maka anda dapat makan pagi dengan baik yang cukup untuk persediaan kalori anda.
  • Minumlah air jernih 6 sampai 8 gelas sehari di antara waktu-waktu makan. So pasti, kita dapat melakukan hal itu untuk memperlancar peredaran darah, dan membuat kita merasa lebih sehat dan lebih menyenangkan. Selamat tinggal kegemukan!!!


Artikel Lainnya :
1.Tips Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal dan Sehat
2.Trik dan Tips Kesehatan - Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Bugar

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar