Jumat, 26 Desember 2014

Headlines News :

Tips Kesehatan – Manfaat Asam Lemak Omega 3 dari Ikan Laut

Menguak Manfaat Asam Lemak Omega 3

     Indonesia kaya akan hasil laut, khususnya ikan. Sayangnya pola konsumsi masyarakat akan ikan masih sangat rendah tidak seperti penduduk Jepang. Mengingat ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh, maka pola makan ikan harus terus dibudayakan di dalam menu harian keluarga kita. Sumber utama asam lemak omega 3 adalah ikan dari laut dalam. Golongan ikan tersebut adalah jenis ikan tuna, tongkol, tenggiri,layang,kembung, bawal, sarden,makerel,herring dan haibut. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.
kesehatan-wanita-anak-tips-kesehatan-manfaat-asam-lemak-omega3


     Menurut Prof Dr. Ir. Made Astawan, kandungan asam lemak omega 3 ini terbukti bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah sehingga mengurangi resiko terkena arteriosklerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak ini pun berguna menjaga kesehatan tubuh karena mampu menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf.
     Sebuah penelitian membuktikan bahwa keterkaitan antara konsumsi ikan dan berkurangnya resiko kematian akibat penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan orang Eskimo menunjukkan bahwa penduduk setempat yang mengkonsumsi ikan jarang terkena penyakit jantung. Begitupun dengan bangsa Jepang yang tingkat konsumsi ikannya paling tinggi, khususnya masyarakat Okinawa. Di sana, masyarakat setempat juga memiliki angka penyakit jantung yang rendah dibandingkan dengan daerah Jepang yang lain.

Mudah Rusak

     Proses pengolahan ikan sebagai lauk paukpun harus disajikan dengan tetap mempertahankan kandungan asam lemak omega 3 nya. Prof Made menyarankan untuk mengolah ikan sebaiknya dengan metode pepes, kukus, dipanggang atau ditim. Metode memasak seperti ini tidak akan menyebabkan lemak ikan tersebut terbuang percuma. Konsumsi ikan segar juga lebih disarankan daripada ikan kalengan. Ikan di dalam kaleng biasanya lemaknya sudah dikurangi agar ikan lebih awet. Proses pengalengan ikan juga menyebabkan teroksidasinya asam lemak omega 3. Sebagai pengawet biasanya ditambahkan pengawet kimia,garam, atau lemak nabati yang dapat menurunkan kualitas asam lemak omega 3.
kesehatan-wanita-anak-tips-kesehatan-manfaat-asam-lemak-omega3-indonesia-sehat.com

     Maka mulailah mengubah pola makan anda sehingga lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyaknya mengkonsumsi makanan sehat terutama ikan laut sangat berguna bagi aktivitas harian anda.  Berikut tabel komposisi zat gizi dari beberapa jenis ikan air tawar dan laut:

Jenis Ikan                                        Kandungan Gizi
                         Protein          Lemak                Kalsium               Fosfor                    Besi
Kakap                 20,0 gram    0,70 gram 20 mili gram        200 mili gram        1,0 mili gram
Peda                   28,0 gram 4,0 gram      174 mili gram 316 mili gram        3,1 mili gram
Teri Kering        33,3 gram       2,9 gram    1209 mili gram     1225 mili gram        3,0 
Bandeng            20,0 gram 4,8 gram        20 mili gram 150 mili gram        2,0 mili gram
Ikan Mas           16,0 gram 2,0 gram        20 mili gram 150 mili gram         2,0 mili gram
Lele                   18,2 gram 2,2 gram        34 mili gram 116 mili gram         0,2 mili gram
Kembung          22,0 gram 1,0 gram        20 mili gram 200 mili gram         1,0 mili gram
Sumber: Oey Kam Nio Daftar Analisis Bahan Makanan 1995


Artikel Lainnya :
Tips Kesehatan - Melatih Imajinasi Anak


Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar