Jumat, 26 Desember 2014

Headlines News :

Tips Kesehatan – Agar Otak Selalu Sehat dan Fresh

Fakta yang Membuat Otak Kita Selalu Sehat dan Fresh

     Otak adalah organ yang sangat penting terutama dalam kemampuan kognitif (berfikir). Seperti otot yang akan semakin besar jika dilatih dan mengecil saat tidak mendapat beban, otak juga akan berkurang kemampuannya jika tidak mendapat latihan yang memadai. Salah satu dampak buruk pada orang yang jarang menggunakan kemampuan berfikir adalah penurunan secara drastis kemampuan berfikir saat usia sudah menapak  tua akibat proses regenerasi.

Untuk menghindari hal tersebut ada langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Lakukan latihan olahraga yang memadai. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak, sehingga aliran nutrisi juga dapat terjaga.  Maka dengan kata lain olahraga adalah salah satu syarat bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan otak.
  2. Tetaplah berusaha untuk memiliki hubungan sosial dengan orang lain, baik berupa perkumpulan teman di kantor atau di dalam lingkungan rumah, seperti perkumpulan ibu-ibu arisan atau ibu-ibu pengajian.
  3. Berfikirlah secara rasional dan positif terhadap masalah. Jika masalah selalu membuat depresi, hal itu juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan otak. Maka perlu adanya upaya mengatasi stress.
  4. Konsumsi makanan sehat. Hal itu sangat penting, terutama makanan yang banyak mengandung anti-oksidan, folat, dan asam lemak omega 3.
  5. Pertahankan kesehatan tubuh. Caranya dengan mempertahankan berat badan, menghindari peningkatan kolesterol, menjaga tekanan darah, dan kadar gula dalam batas normal.
  6. Jika memang mengalami penyakit, terutama penyakit yang dapat mengganggu otak, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, atau peningkatan kolesterol, maka konsumsilah obat yang dapat mengatasi penyakit tersebut tentunya dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  7. Istirahat cukup juga berperan dalam membantu kesehatan tubuh terutama kesehatan otak. Setidaknya tidur antara 6-8 jam perhari untuk mengembalikan fungsi otak.
  8. Senantiasa berusaha untuk melakukan stimulus terhadap otak. Misalnya saja dengan berfikir untuk sesuatu hal, berusaha memecahkan suatu masalah atau berfikir untuk menghadirkan sesuatu yang berkualitas. Hal ini akan memicu otak untuk terus bekerja. Otak yang bekerja akan lebih baik dibanding otak yang tidak mendapatkan stimulus.
  9. Pada orang yang sudah berhenti dari pekerjaan atau sudah pensiun, jangan biarkan otak tidak bekerja dalam waktu lama. Lakukan kegiatan kecil untuk merangsang otak agar bekerja. Misalnya saja bermain catur,membaca koran atau majalah, menonton acara berita di televisi, menghafalkan beberapa ayat suci AlQuran atau kegiatan lain untuk merangsang otak berfikir.

Selain melakukan 9 langkah agar otak tetap sehat dan fresh, maka untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya kesehatan otak  perlu menghindari :
  • Hindari minuman alkohol,merokok dan menggunakan narkoba atau zat aditif lain. Penderita yang sering merasa depresi terkadang merasa nyaman dengan menggunakan obat penenang. Meskipun dokter sudah tidak meresepkan obat penenang tersebut, seringkali pasien membeli sendiri di apotik. Nah hal ini haruslah dihindari, berobatlah sesuai petunjuk dokter.
  • Merasa malas pergi ke dokter jika mengalami masalah mental misalnya depresi. Jika tidak mendapat penanganan yang memadai, kondisi kejiwaan pada akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh terutama kesehatan otak.
  • Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif, misalnya lupa pada tanggal lahir pasangan, lupa menaruh kunci, tidak dapat menyelesaikan perhitungan matematika sederhana, dan gangguan lainnya. Meskipun demikian jangan terlalu cemas jika mengalami hal tersebut. Lakukan latihan untuk mengingat hal-hal kecil tersebut dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu akan membantu merangsang kerja otak.
  • Mengurung diri di dalam rumah dan tidak bersosialisasi dengan orang lain juga dapat membawa akibat buruk bagi kesehatan otak. Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja optimal. Ada istilah bersilaturahmi dengan orang lain, membuat kita awet muda. Dengan kata lain silaturahmi membuat otak kita tetap sehat dan fresh sehingga kesehatan tubuh kita pun tetap terjaga.

Artikel Lainnya :
1.Tips Kesehatan – Manfaat Asam Lemak Omega 3 dari Ikan Laut
2.Tips Kesehatan - Melatih Imajinasi Anak

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar