Jumat, 12 Desember 2014

Headlines News :

Kesehatan Tubuh – Tips dan Trik Mengatasi Sakit Kepala

Tips dan Trik Mengatasi Sakit Kepala

      Sakit kepala merupakan suatu gejala yang bersifat subyektif.  Beberapa orang menggambarkan sakit kepala sebagai suatu penyakit alam yang menjengkelkan. Sedangkan yang lain, menggunakan istilah seperti denyutan, ledakan atau seterusnya. Sementara ada yang mengatakan seperti palu atau bahkan seperti diiris pisau sakitnya. Kita bisa memaklumi dilema ini dimana penderita mencoba menterjemahkan perasaan penderitaannya ke dalam kata-kata.
kesehatan-wanita-anak-tips-dan-trik-mengatasi-sakit-kepala

 
    Ditinjau dari sudut jenis penyakit, sakit kepala merupakan reaksi dari suatu gejala. Kepala merupakan bagian paling sensitif yang bertugas menerima pesan-pesan. Otak itu sendiri tidak sensitif. Otak diselubungi selaput-selaput yang merupakan dinding pemisah dan pembuluh-pembuluh tengkorak yang merupakan struktur-struktur yang sensitif terhadap rasa sakit. Rupanya melalui suatu sistem, pesan-pesan akan dikirim ke bagian otak. Beginilah prosedur bila ada suatu pesan.
Bila antara tubuh dan pikiran seimbang dan semua anggota badan bekerja dengan harmonis, maka bagian kepala yang sensitif menjadi tidak aktif dan si penderita tidak akan merasakan apakah ia mempunyai kepala atau ujung kaki. Ketakacuhannya akan setiap kesehatan anggota tubuhnya menandakan bahwa ia sehat.
     Dasar  Penyembuhan sakit kepala yang alami tergantung dari usaha kita untuk membentuk kesehatan yang lebih baik. Pengetahuan kesehatanlah yang membantu kita mengatasi penyakit-penyakit dan pengetahuan kita tentang obat-obatan.

Peranan Makanan

      Kebiasaan akan mempengaruhi kesehatan. Makanan juga mempengaruhi sakit kepala. Pentingnya diet cukup bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Maksudnya makanan sudah pasti merupakan sesuatu yang penting bagi kesehatan. Dan segala sesuatu yang menurunkan nilai gizi makanan akan merugikan kesehatan kita sendiri. Kualitas makanan pun tergantung pada cara memasaknya, kesegaran dan kemurnian makanan (tidak basi dan bebas dari campuran bahan-bahan kimia).
Diet yang baik harus terdiri dari daging, atau ikan,telur,keju dan kacang-kacangan yakni makanan yang mengandung protein. Perlu juga makanan yang mengandung zat tepung yaitu nasi,kentang, atau roti. Lemak seperti mentega, serta buah-buahan dan sayur-sayuran mutlak diperlukan.
Orang yang cenderung mengutamakan makanan-makanan yang mengandung protein,zat tepung, dan lemak tetapi mengabaikan buah-buahan dan sayur-sayuran akan membentuk asam lambung terlalu banyak di perut, tetapi kekurangan alkali.
Bagi penderita sakit kepala harus memilih makanan-makanan yang mudah dicerna. Sebaiknya sebagian besar makanan pagi terdiri dari buah-buahan baik yang segar atau yang diawetkan. Secangkir teh encer tanpa gula ditambah dengan buah-buahan merupakan makanan pagi yang baik. Bagi pekerja kantoran lebih baik untuk sarapan buah-buahan karena mudah dicerna dan mencegah sakit kepala.
Makanan mentah sebaiknya dimakan pada siang hari, seperti lotek atau karedok cukup menyegarkan. Makanan yang dimasak sebaiknya dimakan malam hari. Cara penyembuhan alami ini telah berhasil ditemukan oleh Dr. Tilden beberapa tahun yang lalu dan cukup memuaskan untuk mengatasi sakit kepala. Garis besar dari ide ini adalah sebisanya kita (orang dewasa) menjauhi makanan-makanan yang mengandung protein dan zat tepung yang terlalu banyak .

Minuman yang dianjurkan

Penderita sakit kepala hendaknya mengurangi minuman teh,kopi, dan coklat. Penderita sakit kepala yang biasa minum coklat sebelum tidur, penyakitnya akan kambuh keesokan harinya. Maka minuman yang dianjurkan adalah air tawar dari sari buah.

Puasa

Kebanyakan sakit kepala disebabkan oleh gangguan kesehatan pada pencernaan. Selain itu sakit kepala juga disebabkan oleh kurangnya gizi makanan. Kurangnya gizi makanan menyebabkan pencernaan terganggu, akibatnya alat-alat pengeluaran tidak dapat berfungsi dengan baik. Sistem pencernaan dapat diperbaiki dengan jalan memulihkan fungsi perut dan usus besar. Caranya dengan mengistirahatkan alat-alat pencernaan makanan yaitu dengan berpuasa. Setelah melakukan puasa orang diwajibkan berdiet kembali.


Artikel Lainnya :
Tips Kesehatan : Supaya Jantung Kita Sehat 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com
facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar